RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
: SMP
Mata
Pelajaran
: IPS - Geografi
Kelas / Semester
: IX / 1
Standar
Kompetens
i : 1. Memahami kondisi
perkembangan negara di
dunia.
Kompetensi
Dasar
: 1.1.
Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju.
Alokasi
Waktu :
2 x 40 menit (1 kali pertemuan)
Indikator :
· Memberi contoh
negara-negara yang tergolong ke dalam negara maju dan negara berkembang beserta
alasannya.
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit (1 kali pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
1. Mendeskripsikan
pengertian negara maju dengan benar.
2. Mendeskripsikan
pengertian negara berkembang dengan benar.
3. Menyebutkan lima
contoh ciri-ciri negara maju dengan benar.
4. Menyebutkan lima
contoh ciri-ciri negara berkembang dengan benar.
5. Menyebutkan dua
contoh negara maju dengan benar.
6. Menyebutkan dua
contoh negara berkembang dengan benar.
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian negara
maju.
2. Pengertian negara
berkembang.
3. Lima contoh
ciri-ciri negara maju.
4. Lima contoh
ciri-ciri negara berkembang.
5. Dua contoh negara
maju.
6. Dua contoh negara
berkembang.
C. METODE DAN MODEL
PEMBELAJARAN
1. Metode Pembelajaran
· Ceramah
· Diskusi
2. Model
Pembelajaran
· Two Stay Two Stray
/ Dua Tinggal Dua Tamu
D. LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Pendahuluan ( 15 menit )
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
· Mengucapkan salam
|
· Menjawab salam
|
1 menit
|
· Meminta ketua
kelas untuk melakukan berdo’a bersama
|
· Berdoa dipimpin
ketua kelas
|
1 menit
|
· Menanyakan
kehadiran siswa yang tidak masuk pada hari ini
|
· Menjawab
|
1 menit
|
· Melaksanakan pre
test
|
· Mengerjakan
|
3 menit
|
· Menyampaikan
kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai pada pertemuan hari ini
|
· Mendengarkan
|
6 menit
|
· Memotivasi siswa
dengan pertanyaan:
“Apa yang kalian ketahui tentangnegara maju ?”
|
· Menjawab
|
2 menit
|
· Memberikan
pengarahan kepada siswa dalam belajar kelompok melalui model
pembelajaran two stay two stray / dua tinggal dua tamu
|
· Mendengarkan dan
memperhatikan
|
1 menit
|
2. Kegiatan Inti (
50 menit )
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
· Membagi siswa
menjadi empat orang dalam satu kelompok
|
· Berkumpul dengan
kelompoknya
|
1 menit
|
· Memberikan tugas
kelompok tentang:
v Pengertian negara
maju
v Pengertian negara
berkem-bang.
v Lima contoh
ciri-ciri negara maju.
v Lima contoh
ciri-ciri negara berkembang.
v Dua contoh negara
maju.
v Dua contoh negara
berkem-bang.
|
· Mengerjakan tugas
bersama kelompoknya
|
15 menit
|
· Setelah selesai,
dua siswa bertamu ke kelompok yang lain untuk meminta informasi
· Dua siswa tetap
tinggal untuk membagikan hasil kerja dan informasi kepada tamu dari kelompok
lain
|
· Dua siswa bertamu
ke kelompok lain untuk meminta informasi
· Dua siswa tinggal
untuk membagikan hasil kerja kepada tamu yang datang ke kelompoknya
|
3 menit
3 menit
|
· Menyuruh siswa
bertamu lagi ke kelompok yang lain untuk meminta informasi
|
· Memohon diri ke
kelompok lain untuk meminta informasi
|
3 menit
|
· Setelah selesai,
menyuruh siswa kembali ke kelompok awal dan melaporkan temuan dari kelompok
lain
· Menyuruh siswa
mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka
|
· Setelah selesai, kembali
ke kelompok awal untuk melaporkan temuan dari kelompok lain
· Mencocokkan dan
membahas hasil kerjanya
|
3 menit
8 menit
|
· Menyuruh setiap
kelompok untuk melakukan presentasi dari hasil temuan dari diskusi dan
informasi yang mereka dapat dari kelompok yang lain
|
· Melakukan
presentasi
|
7 menit
|
· Menyuruh kelompok
yang lain untuk menanggapi hasil presentasi dari kelompok yang presentasi
|
· Menanggapi
presentasi
|
7 menit
|
3. Kegiatan Penutup
( 15 menit )
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
· Refleksi untuk
mengungkap apa yang telah dipelajari hari ini
|
· Menyampaikan
hambatan dan kesulitan saat pelajaran berlangsung
|
2 menit
|
· Membuat rangkuman
materi yang telah di presentasikan hari ini
|
· Mendengarkan,
memperhatikan, dan membuat catatan yang penting
|
6 menit
|
· Melaksanakan post
test
|
· Mengerjakan
|
3 menit
|
· Memberikan tugas
individu tentang :
1. Sebutkan
lima contoh negara maju di benua Eropa!
2. Sebutkan lima contoh
negara berkembang di benua Asia!
|
· Mendengarkan dan
mencatat tugas individu
|
2 menit
|
· Meminta ketua
kelas untuk memimpin berdoa
|
· Berdo’a dipimpin
oleh ketua kelas
|
1 menit
|
· Salam penutup
|
· Menjawab salam
|
1 menit
|
E. SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
1. Sumber Pembelajaran
· Sutarto, dkk.
2008. IPS Untuk SMP/MTs Kelas IX. Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional. Jakarta.
· Sanusi Fattah, dkk.
2008. Ilmu pengetahuan sosial untuk SMP/MTs kelas IX.Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
2. Media Pembelajaran
1. Gambar 1.1
Ekspor negara maju berupa mobil
2. Gambar 1.2 Ekspor
negara maju berupa kereta api dari jepang
3. Gambar 2. Keadaan
didalam kelas di Jepang
4. Gambar 3.
Rumah sakit di Singapura
5. Gambar 4. Bangunan
sekolah tidak memadai
6. Gambar 5. Rumah
sakit tidak memadai
7. Gambar 6. Peta
Jepang
8. Gambar 7. Alat
pertanian di Jepang
9. Gambar 8. Industri
otomotif di Jepang
10. Gambar 9. Penangkapan ikan di Jepang
menggunakan kapal besar
11. Gambar 10. Peta
Amerika Serikat
12. Gambar 11. Pertanian di Amerika
Serikat
13. Gambar 12. Industri pesawat terbang
di AS
14. Gambar 13. Peta negara maju,
berkembang dan miskin
15. Gambar 14. Peta Brazil
16. Gambar 15. Pertanian di negara
berkembang Brasil
17. Gambar 16. Peta Mesir
18. Gambar 17. Pertanian di Mesir
2 PENILAIAN/EVALUASI
Prosedur
penilaian
:
1. Penilaian proses
v Teknis
: Non tes
v Bentuk
: pengamatan selama diskusi kelompok
v Instrumen
: format observasi
2. Penilaian hasil
v Teknis
: Test Tulis
v Bentuk
: essay Test
v Instrumen
: Soal esai
Mengetahui,
Blitar, 6 Maret 2012
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Rachman Evendy S.Pd Pendik S. Pd
NIP. 56876970943
NIP.090401050085
Tidak ada komentar:
Posting Komentar